Kunci Jawaban Soal Matematika Kelas 10 SMA Semester 2 Halaman 97,98 Uji Kompetensi 3.1 Fungsi. Dalam artikel ini akan dipaparkan pembahasan tugas Matematika kelas 10 SMA halaman 97,98 dari nomor 6-10. Dengan adanya pembahasan ini, adik-adik kelas 10 SMA diharapkan dapat menyelesaikan soal fungsi dan komposisi fungsi pada pelajaran Matematika halaman 97,98.

Simak tugas Matematika kelas 10 SMA semester 2 Halaman 97,98 Uji kompetensi 3.1 Fungsi dan komposisi fungsi. Pembahasan soal ini dibuat dengan tujuan untuk membantu menyelesaikan tugas Matematika kelas 10 SMA halaman 97,98.

Kunci Jawaban Soal Matematika Kelas 10 SMA Semester 2 Halaman 97,98 Uji Kompetensi 3.1 Fungsi

Agar lebih jelasnya, berikut tugas Matematika kelas 10 SMA semester 2 halaman 97,98 uji kompetensi 3.1 yang dikutip dari modul pembelajaran kelas X, BSE Kemendikbud edisi 2017;

6. Diketahui fungsi f dan g dinyatakan dalam pasangan terurut
f = {(1,5), (2,6), (3,–1), (4,8)}
g = {(2,–1), (1,2), (5,3), (6,7)}
Tentukanlah
a) gof
b) fog

Kunci Jawaban Soal Matematika Kelas 10 SMA Semester 2 Halaman 97,98 Uji Kompetensi 3.1 Fungsi

BACA :  Kunci Jawaban Game WOW 4 Oktober 2023 Words of Wonders Teka-Teki Harian Terbaru

pembahasan :

Jika f dan q merupakan dua buah fungsi sedemikian sehingga f : A → B dan g : B → C, maka komposisi fungsi gof : A → C ditentukan oleh rumus

(gof)(x) = g(f(x)) dengan x ∈ A.

Fungsi f dan fungsi g dapat dikomposisikan menjadi komposisi fungsi gof bila Rf ∩ Dg ≠ ∅.

Diketahui fungsi f dan g dinyatakan dalam pasangan berurutan

f = {(1, 5) (2, 6) (3, -1) (4, 8)}
g = {(2, -1) (1, 2) (5, 3) (6, 7)}

tentukan
a. (gof) (x)
b. (fog) (x)

Pembahasan :

a. (gof)((x) = g(f(x))
g(f(1)) = g(5) = 3
g(f(2)) = g(6) = 7
g(f(3)) = g(-1) = tidak ada
g(f(4)) = g(8) = tidak ada

b. (fog)(x) = f(g(x))
f(g(1)) = f(2) = 6
f(g(2)) = f(-1) = tidak ada

f(g(5)) = f(3) = -1
f(g(6)) = f(7) = tidak ada

Kunci Jawaban Soal Matematika Kelas 10 SMA Semester 2 Halaman 97,98 Uji Kompetensi 3.1 Fungsi

7. Jika f fungsi yang memenuhi persamaan f(1) = 4 dan f(x+1) = 2 f(x). Tentukanlah f(2014).

pembahasan :

Amati pergerakannya,

f(1) = 4 = 2^2
Untuk f(2) = f(1+1)
f(2) = 2f(1)
f(2) = 2.4 = 8 = 2^3

Sama halnya dengan f(3) dan seterusnya,

BACA :  KODE REDEEM ML Terbaru 28 Agustus 2021 Mobile Legends Update

f(3) = 2f(2) = 8.2 = 16 = 2^4
……
f(n) = 2^(n+1)
Sehingga,
f(2014) = 2^(2014+1)
f(2014) = 2^2015

8. Jika f(x) = x+1/x-1 dan x2 ≠ 1, buktikanlah bahwa f(–x) = 1/f(x).

pembahasan :

f(x)=(x+1)/(x-1)
f(-x)=(-x+1)/(-x-1)
f(-x)=-1(x-1)/-1(x+1)
f(-x)=(x-1)/(x+1)
f(-x)=1/((x+1)/(x-1))
f(-x)=1/f(x)

9. Untuk pasangan fungsi yang diberikan tentukanlah daerah asal dan
daerah hasil fungsi komposisi gof.
a) f (x) = 2x dan g(x) = sin x
b) f(x) = -x dan g(x) = ln x
c) f(x) = 1/x dan g(x) = 2 sin x

pembahasan :

a. gof(x)=g(f(x))
=g(2x)=sin 2x
b. gof(x)=g(f(x))
=g(-x)=sin -x =- sin x
c. gof(x)=g(f(x))
=g(1/x)=2 sin 1/x

Kunci Jawaban Soal Matematika Kelas 10 SMA Semester 2 Halaman 97,98 Uji Kompetensi 3.1 Fungsi

10. Diketahui (gof)(x) = 4×2 + 4x dan g(x) = x2 – 1.Tentukanlah nilai f(x – 2).

pembahasan :

Diketahui

(g o f)(x) = 4x² + 4x

g(x) = x² – 1

Ditanyakan

f(x – 2) = … ?

Jawab

(g o f)(x) = 4x² + 4x

g(f(x)) = 4x² + 4x

[f(x)]² – 1 = 4x² + 4x

[f(x)]² = 4x² + 4x + 1

[f(x)]² = (2x + 1)(2x + 1)

[f(x)]² = (2x + 1)²

BACA :  Kunci Jawaban SOAL Matematika Kelas 10 SMA SMK MA Halaman 57 58 Kurikulum Merdeka, Latihan 2.5

f(x) = 2x + 1

Baca Juga: Viral, Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming Putra Jokowi Dilaporkan ke KPK atas Dugaan KKN, Medsosnya Mati?

Jadi nilai dari f(x – 2) adalah

f(x) = 2x + 1

f(x – 2) = 2(x – 2) + 1

f(x – 2) = 2x – 4 + 1

f(x – 2) = 2x – 3

Kunci Jawaban Soal Matematika Kelas 10 SMA Semester 2 Halaman 97,98 Uji Kompetensi 3.1 Fungsi

Itulah pembahasan Tugas matematika kelas 10 SMA semester 2 Halaman 97,98 Uji kompetensi 3.1 Fungsi dan komposisi fungsi.

Disclaimer : pembahasan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban atau contoh kelanjutan yang diberikan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah.

Sehingga cukup jadikan artikel ini sebagai bahan referensi dalam menjawab soal.