Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2025, Anak IPS Ada Banyak Kesempatan. Dilansir dari laman resmi BKN (Badan Kepegawaian Negara), Jumat (27/6/2025), formasi masing-masing sekolah kedinasan 2025 berbeda-beda. Link pendaftaran sekolah kedinasan 2025 perlu diketahui lulusan SMA/SMK sederajat yang berencana mendaftar 29 Juni nanti.
Jelang pendaftaran sekolah kedinasan 2025, calon pendaftar tentunya perlu tahu apa saja persyaratan masuk di setiap sekolah. Sebagian instansi tidak mengizinkan siswa dari jurusan IPS untuk mendaftar.
Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2025, Anak IPS Ada Banyak Kesempatan
Berikut rinciannya:
1. Politeknik Keuangan Negara STAN
STAN adalah salah satu sekolah kedinasan yang membuka peluang untuk siswa dari jurusan IPS. Bagi lulusan SMA/sederajat pada 2025, syarat pendaftarannya adalah berupa nilai rapor.
Berdasarkan informasi yang diunggah dalam laman resmi STAN, untuk siswa yang lulus dari seleksi, tetapi rata-rata nilai pada ijazahnya tidak memenuhi syarat, maka akan dinyatakan gugur karena tidak memenuhi syarat administrasi.
2. Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG)
Berdasarkan pengumuman pendaftaran STMKG pada 2025, sekolah ini menerima siswa yang lulus jenjang SMA/MA/SMK/sederajat dari semua jurusan. Peserta yang lulus pada 2025 dan ijazahnya belum keluar, maka harus menggunakan surat keterangan lulus atau surat keterangan aktif kelas 12.
3. Politeknik Statistika STIS
STIS membuka peluang untuk lulusan atau siswa kelas 12 dari SMA/MA/SMK/MAK semua jurusan. Namun, ada syarat akademik lain yaitu nilai matematika kelompok A/umum dan bahasa Inggris minimal 80,00 dari skala 1-100 pada ijazah atau nilai rapor semester ganjil kelas 12.
4. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)
STIN juga boleh untuk anak IPS. Berdasarkan pendaftaran tahun lalu, pendaftar minimal lulusan SMA/SMK/MA dan bukan lulusan Paket C.
Bagi pendaftar yang lulus hingga dua tahun sebelumnya, nilai rata-rata ijazah minimal 80. Sementara untuk pendaftar dari tahun terkini, nilai rata-rata rapor semester 1-5 minimal adalah 75.
5. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)
IPDN juga bisa didaftar oleh siswa IPS. Pada pendaftaran tahun ini, pendaftar wajib berasal dari jenjang SMA/MA, bukan SMK dan Paket C.
Pendaftar wajib memiliki nilai rata-rata ijazah minimal 73,00. Sedangkan pendaftar khusus Papua, Papua Barat, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Papua Barat Daya nilai rata-rata ijazahnya minimal 65,00.
Selain itu IPDN mensyaratkan nilai bahasa Inggris pada ijazah/surat keterangan lulus minimal 75,00. Syarat ini dikecualikan untuk pendaftar dari Papua, Papua Barat, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Papua Barat Daya.
6. Sekolah Kedinasan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI
Sejumlah sekolah kedinasan Kemenhub juga ditujukan untuk siswa IPS. Berikut ini beberapa sekolah yang dimaksud, dikutip dari arsip detikEdu:
- Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun
Prodi: D3 Manajemen Transportasi Perkeretapian (MTP) - Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi
Prodi: D3 Operasi Pesawat Udara - Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan (Poltektrans SDP) Palembang
Prodi: D3 Manajemen Transportasi Perairan Daratan (MTPD) - Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya
Prodi: D3 Manajemen Transportasi Udara (MTU) - Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Jayapura
Prodi: D3 Manajemen Bandar Udara (MBU)
Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2025, Anak IPS Ada Banyak Kesempatan
Dilansir dari laman resmi BKN (Badan Kepegawaian Negara), Jumat (27/6/2025), formasi masing-masing sekolah kedinasan 2025 berbeda-beda. Berikut rinciannya:
- Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG BMKG) sebanyak 350 formasi
- Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS BPS) sebanyak 400 formasi
- Politeknik Siber dan Sandi Negara (PSSN BSSN) sebanyak 50 formasi
- Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN Kemendagri) sebanyak 1.061 formasi
- Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN BIN) sebanyak 100 formasi
- Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN) sebanyak 500 formasi
- SIPENCATAR Kemenhub sebanyak 791 formasi.
Lulusan SMA/SMK sederajat yang mau mendaftar, perlu tahu link pendaftaran hingga cara pendaftarannya.
Dikutip dari Buku Petunjuk Daftar Sekolah Kedinasan 2025, berikut dokumen yang harus dipersiapkan, link pendaftaran hingga tata caranya.
Pelamar wajib mengetahui ketentuan-ketentuan terkait jurusan, pendidikan dan sekolah kedinasan yang dilamar. Setiap jurusan dan sekolah kedinasan memiliki persyaratan yang berbeda.
Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan pelamar telah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Dokumen tersebut terdiri dari:
- Kartu Keluarga
- Kartu Tanda Penduduk (KTP)
- Ijazah
- Rapor SMA/Sederajat
- Pasfoto
- Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar
Cara daftar sekolah kedinasan 2025
- Pelamar harus masuk ke portal SSCASNsepertitampilan di atas di alamat https://dikdin.bkn.go.id
- Pelamar pilih menu Sekolah Kedinasan untuk masuk ke portal Sekolah Kedinasan, membuat akun dan mencetak Kartu Informasi Akun di alamat: https://daftar-dikdin.bkn.go.id
- Pelamar melakukan log in dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan
- Pelamar melakukan swafoto, mendaftar sekolah dan jurusan yang tersedia dan melengkapi form isian. Pelamar hanya dapat melamar di 1 (satu) Sekolah Kedinasan. Aturan lebih jelas mengenai sekolah kedinasan dan jurusan yang Anda pilih, silahkan cek di halaman web masing-masing sekolah kedinasan
- Pelamar memasukkan Nilai
- Pelamar melengkapi Biodata
- Pelamar mengunggah (upload) dokumen sesuai dengan persyaratan
- Pelamar mengecek kembali isian yang telah dilengkapi(Resume)
- Pelamar mengklik Kirim, data yang telah dikirim tidak dapat diubah
- Pelamar mengecek hasil verifikasi
- Pelamar yang dinyatakan lulus verifikasi akan mendapatkan kode billing sebagai kode untuk pembayaran tes seleksi. Aturan mengenai pembayaran silahkan cek di web instansi atau sekolah kedinasan yang dipilih
- Pelamar yang sudah melakukan pembayaran dan sudah diverifikasi pembayarannya akan mendapatkan Kartu Ujian
- Pelamar mengikuti tahapan tes seleksi
- Pelamarmengecek hasil kelulusan tesseleksi
- Pelamar yang lulus tes seleksi dan dinyatakan diterima di sekolah kedinasan, harap menghubungi instansi atau sekolah kedinasan terkait untuk proses selanjutnya
Membuat Akun SSCASN Sekolah Kedinasan
Apabila pelamar sudah siap untuk mendaftar, langkah-langkahnya adalah
1. Klik “Registrasi” atau “Daftar”:
2. Masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK)
3. Masukan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga yang tercantum pada Kartu Keluarga. Apabila pelamar tidak bisa mendaftar terkait data NIK dan Nomor Kartu Keluarga, silahkan hubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sesuai dengan KTP pelamar bukan ke instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia Seleksi Nasional (Panselnas)
4. Nama lengkap sesuai KTP
5. Tanggal lahir sesuai KTP
6. Kabupaten/Kota sesuai KTP
7. Masukan kode captcha yang terlampir
8. Setelah data di atas dimasukan, klik “Lanjutkan”. Bila data sesuai maka akan tampil form Pendaftaran Akun SSCASN Sekolah Kedinasan seperti gambar di bawah ini.
9. Lengkapi data-data yang terdapat pada form di atas dengan benar. Data yang perlu diisi terdiri dari data:
- Alamat: Isi alamatsesuai dengan KTP
- Tempat Lahir: Isi tempat lahir (Kabupaten/Kota),sesuai dengan ijazah
- Tanggal Lahir: Isi tanggal lahir sesuai dengan ijazah
- Jenis kelamin: Pilih jenis kelamin yang sesuai
- E-mail: Masukan e-mail aktif dan valid
- Password: Masukan password yang mudah diingat: Harap catat dan simpan password Anda karena akan digunakan untuk login
- Konfirmasi Password: Masukkan kembali password telah Anda masukan
- Pertanyaan Pengaman 1: Pilih pertanyaan pengaman Anda
- Jawaban Pengaman: Masukan jawaban pertanyaan pengaman 1 yang telah Anda pilih
- Pertanyaan Pengaman 2: Pilih pertanyaan pengaman Anda
- Jawaban Pengaman: Masukan jawaban pertanyaan pengaman 2 yang telah Anda pilih
- Captcha: Masukan kode captcha yang tampil di layar
10. Upload pasfoto dengan latar belakang merah dalam format JPGminimal 120 kb maksimal 200 kb
11. Pastikan Anda mengisi semua data dengan benar dan lengkap
12. Selanjutnya klik “Lanjutkan”
13. Halaman Pendaftaran Akun SSCASN, cek kembali Data cek kembali data Anda jika ada yang perlu
diperbaiki klik “Kembali: dan jika sudah benar klik “Proses Pendaftaran Akun”.
Halaman pemberitahuan bahwa pembuatan akun SSCASN Sekolah Kedinasan 2025 berhasil, klik “Cetak Informasi Pendaftaran” untuk mencetak Kartu Infromasi Akun sebagai bukti bahwa pelamar berhasil membuat akun. Simpan kartu tersebut dengan baik. Klik “Lanjutkan Login Pendaftaran” untuk ke form berikutnya.
Demikian link pendaftaran sekolah kedinasan 2025, dokumen yang dibutuhkan hingga cara daftarnya yang dimulai dari pembuatan akun di alamat https://dikdin.bkn.go.id.
Lulusan SMA/SMK sederajat yang mau mendaftar, wajib perhatikan informasi ini agar tidak salah mengikuti tahapan pendaftaran sekolah kedinasan 2025.
Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2025, Anak IPS Ada Banyak Kesempatan
Sumber : detik.com